Header Ads

Memperingati Hari Penyiaran Nasional Ke-91 di Indonesia


Selamat Memperingati Hari Penyiaran Nasional Ke-91 #SahabatFrekuensi. Lebih 90 tahun lalu berdirinya Lembaga Penyiaran Radio milik anak bangsa pertama kalinya di Kota Solo yaitu Solosche Radio Vereeniging (SRV). Solosche Radio Vereeniging (SRV) adalah stasiun radio profesional pertama di Solo yang didirikan pada 1 April 1933. SRV merupakan stasiun siaran radio pertama milik pribumi yang menyiarkan kesenian Jawa dan ketimuran. SRV didirikan oleh sembilan orang yang kemudian menjadi pengurus. Rapat perhimpunan jaringan penyiaran radio menggunakan frekuensi radio diselenggarakan pada 1 April 1933 di gedung Societeit Mangkoenegaran (sekarang menjadi Monumen Pers Nasional). 
SRV bertempat di gedung Pendapa Kepatihan Mangkunegaran, Kepatihan Mangkunegaran itu sendiri merupakan bagian dari Kadipaten Mangkunegaran. di Surakarta. Siaran dari Pendapa tersebut berupa hiburan (nyanyian) anak-anak, klenengan, wayang, dan siarannya dapat diterima dengan baik. SRV dinilai menjadi awal kelahiran penyiaran di Indonesia. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2019, secara resmi tanggal 1 April ditetapkan sebagai Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas)

Hari Penyiaran Nasional menjadi sebuah momen penting untuk selalu mengenang sejarah kebangkitan penyiaran Indonesia agar terus menjalankan misi besar untuk selalu memberikan pengaruh perubahan besar dalam kehidupan sosial, budaya, dan politik di masyarakat tanah air.
Tema HARSIARNAS dipilih tahun ini yaitu "Penyiaran Indonesia Tumbuh Kuat dengan Harmoni". Hal ini ditujukan kepada seluruh pelaku penyiaran di Indonesia untuk konsistem meningkatkan kualitas penyiaran memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat dengan cepat dan akurat. Karena melalui penyiaran, masyarakat dapat bebas mendapatkan informasi, hiburan, dan edukasi yang penting dan berkualitas untuk membangun negara yang lebih baik.


Indonesia Terkoneksi, Hari Penyiaran Nasional, Harsiarnas, Harsiarnas 91, Harsiarnas 2024, Penyiaran Indonesia, Digital, Frekuensi,Balmon, Jakarta, Kominfo, SDPPI

Info via :
Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Jakarta is at Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Jakarta.

No comments

Powered by Blogger.