Header Ads

Orari Tapin dan Pramuka Kolaborasi di Jambore On The Air - Jambore On The Internet



Pengurus Organisasi Radio Amatir (Orari) Lokal Kabupaten Tapin mengadakan Jambore On The Air - Jambore On The Internet (Jota-joti) bersama Pramuka Kwarcab daerah setempat pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wakil Ketua Orari Lokal Tapin, Somantri, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pendidikan RI dan Orari Pusat. Tujuannya adalah untuk membina Pramuka dalam penggunaan komunikasi radio, mulai dari pembekalan hingga praktik. Peserta kegiatan ini adalah pelajar dari sekolah-sekolah yang akan dilatih untuk menggunakan komunikasi radio sesuai aturan.

Kegiatan ini bertujuan melatih Pramuka, yang merupakan generasi penerus bangsa, dalam penggunaan radio yang baik dan benar sesuai dengan regulasi. Dengan demikian, mereka akan mampu berkomunikasi dengan komunitas lain, baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan didampingi oleh Orari yang memiliki kewenangan resmi dalam hal ini.

Meskipun era internet sudah berkembang pesat, radio amatir tidak boleh diabaikan, terutama mengingat luasnya wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

Kasat Binmas Polres Tapin, AKP Edi Suparno, memberikan apresiasi terhadap Orari Tapin yang rutin menggelar Jota-joti setiap tahun. Dia berharap kegiatan semacam ini akan terus ditingkatkan di masa depan dan pesertanya akan semakin beragam.

Info via : https://banjarmasin.tribunnews.com/2023/10/21/pengurus-orari-kabupaten-tapin-menggelar-jota-joti-penggunaan-frekuensi-radio

No comments

Powered by Blogger.